Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Cara Mendeteksi Kanker Testis Pada Pria


Cara Mendeteksi Kanker Testis Pada Pria
kanker testisTestis adalah bagian terpenting pada alat reproduksi pria, karena organ tubuh ini merupakan penghasil sperma yang berguna dalam menghasilkan keturunan. Juga sebagai bagian yang penting dalam aktivitas seksual anda.

Seperti juga yang dilakukan wanita untuk secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap organ intim-nya  yaitu payudara dan vagina, maka para pria juga harus melakukan pemeriksaan terhadap testis mereka. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap testis, maka akan dapat ditemukan lebih dini bila ada potensi ditemukannya kanker. Deteksi awal atas ditemukannya gejala kanker akan memudahkan dalam melakukan pencegahan maupun pengobatannya.

Bagaimana cara mendeteksi kanker testis pada seorang pria? Caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan testis sendiri. Waktu yang digunakan untuk pemeriksaan testis sendiri hanya 10 menit. Dan pemeriksaan testis sudah dapat dilakukan pada pria remaja mulai umur 15 tahun.

Berikut cara melakukan pemeriksaan testis sendiri

1.   Berdirilah didepan cermin dalam keadaan tubuh telanjang. Gunakan cermin yang dapat menampilkan keseluruhan tubuh. Kemudian angkatlah satu kaki agar skrotum lebih jelas terlihat. Carilah pembengkakan pada kulit skrotum.

2.   Lakukan pemeriksaan secara perlahan dan teliti terhadap keseluruhan permukaan testis dengan menggunakan kedua tangan. Periksalah skrotum sampai kebagian bawahnya dengan menggunakan ibu jari dan jari-jari lainnya untuk melihat apakah ada benjolan atau tidak. Bila terdeteksi adanya kanker testis akan berupa benjolan kecil sebesar kacang, dimana bila di tekan dapat terasa sakit dapat juga tidak.

3.   Periksalah kedua testis secara menyeluruh. Bila ada ditemukan bahwa antara kedua testis memiliki ukuran yang berbeda maka hal tersebut adalah hal yang normal, ataupun posisi yang satu lebih rendah dari lainnya.

Sebaiknya test yang dilakukan sehabis mandi air hangat, karena pada saat itu skrotum dalam keadaan santai sehingga mudah menemukan benjolan.
Bila hasil pemeriksaan menemukan sesuatu kelainan, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter. Jangan menunggu sampai benjolan hilang sendiri. Benjolan kanker yang terdeteksi dini akan dapat lebih mudah di sembuhkan.