Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » 5 Nama Penemu Teknologi yang Terlupakan

5 Nama Penemu Teknologi yang Terlupakan

Menghabiskan banyak waktu dan materi menjadi hal biasa yang dilakukan setiap ilmuwan dan peneliti demi satu tujuan yaitu menciptakan suatu penemuan yang berguna untuk kehidupan manusia. Berbagai penghargaan tidaklah penting bagi seorang ilmuwan apabila penemuannya tidak diakui bahkan dilupakan. Namun apabila tidak ada penemu-penemu berikut mungkin kita akan kesulitan dalam beberapa hal, berikut uniknya.com merangkum 5 Penemu yang Terlupakan dan Belum Diakui.
1. Choe Yun-ui – Penemu mesin ketik pertama

 
Saat ini kita mengenal Johannes Gutenberg sebagai penemu mesin ketik pertama, namun fakta sebenarnya mesin ketik pertama ditemukan oleh Choe Yun-ui pada tahun 1234 hingga 1240. Butuh waktu sekitar 6 tahun untuk menciptakan alat ini, namun pada saat ini namanya tidak dikenal oleh para pengguna mesin ketik, sungguh ironis.


2. Hezârfen Ahmed Çelebi – Penerbangan sukses pertama
Hezârfen Ahmed Çelebi merupakan pria berkebangsaan arab yang pertama kali menggagas sistem transportasi udara pada tahun 1630. Berbekal keberanian dan ide kreatif ia menciptakan alat terbang semacam terbang layang. Percobaan pertamanya pun sukses, ia mampu terbang dari benua Asia ke benua Eropa dengan titik awal di Turki. Ia mampu menempuh jarak 3358 km pada ketinggian 85.59 m.


3. Lagâri Hasan Çelebi – Sistem roket pertama
Pada tahun 1630, Lagâri Hasan Çelebi yang saat itu adalah seorang ahli dalam persenjataan ledak di undang oleh sultan yang saat itu menjabat. Ia diundang dalam acara kelahiran putri sultan untuk menghadirkan hiburan petasan. Namun Hasan mempunyai ide lain yang lebih gila, ia menyiapkan bubuj mesiu yang disiapkan dalam tas besinya dan ketia ia menyalakannya ipun terbang seperti roket yang saat ini sering kita lihat. Hanya saja persiapan pendaratannya kurang karena ia harus mencari laut untuk mendarat.


4. Ada Lovelace – Pemrograman komputer pertama
http://www.indojamtangan.com
Ada Lovelace adalah putri dari Lord Byron yang mengagas program komputer pada tahun 1843. Selama ini kita berpendapat bahwa Bill Gates penemu microsoft adalah penemu program komputer pertama. Namun ternyata selama ini pendapat tersebut salah karena penemu sesungguhnya adalah seorang wanita bernama Ada Lovelace.


5. Giovanni Caselli – Penemu Mesin Fax pertama
http://www.unikgaul.com
Giovanni Caselli mengagas sistem fax pertama pada tahun 1860. Walaupun masih sederhana, namun mesin ini merupakan cikal bakal terciptanya mesin fax modern saat ini. Mesin fax ciptaannya juga telah mengadopsi sistem yang tersambung ke kabel telepon sehingga dapat bekerja maximal. Meskipun belum mencetak teks dengan jelas, namun ini merupakan teknologi tercanggih pada waktu itu.
 
jangan lupa "like" disini yah