Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » Merawat Payudara Alami

Merawat Payudara Alami

Struktur dasar payudara terdiri dari lemak dan kelenjar, dipasang ke dinding dada perempuan dengan sistem halus ligamen. Sirkulasi pada payudara kurang lebih sama dengan bagian tubuh lainnya yang terdiri dari arteri, vena, dan pembuluh limfatik.

Singkatnya, arteri membawa darah segar ke sel-sel itu membawa bersama-sama dengan nutrisi bahwa payudara dan kebutuhan jaringan kesehatan yang tepat. Vena membawa darah kembali dari sel bersama dengan sampah sel-sel dan racun. Limfatik dirancang untuk mengembalikan toksin dan bahan-bahan limbah lainnya yang terletak di interselular cairan di antara sel.


Manfaat Pemijatan Payudara

Lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat pijat payudara yang perlu diketahui, sebagai alasan mengapa anda harus melakukan rutinitas ini;

1. Manfaat terapis
Pijat payudara juga bisa menjadi teknik penyembuhan yang baik untuk rasa sakit atau nyeri di payudara, termasuk yang berhubungan dengan jaringan parut, karena sentuhan lembut dan pijat dapat menjadi terapi atau terapi. Pijatan ini dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada payudara serta relaksasi kekakuan atau ketegangan pada ligamen.

2. Menjaga bentuk payudara
Pijat payudara bermanfaat untuk  menjaga bentuk payudara dan mencegahnya agar tidak kendur. Hal ini karena pijat payudara bisa merangsang sirkulasi yang diperlukan dalam menjaga jaringan payudara sehat, serta memperkuat ketahanan jaringan otot dan membangun ketahanan pada ligamen. Selain itu, pijat ini juga membuat payudara menjadi lebih kencang sehingga tidak melorot, hasilnya akan memiliki garis payudara yang lebih menarik. Baca juga: Tips Perawatan dan perbesar Payudara

3. Pijat payudara dapat memperlancar ASI
Pijat payudara sementara wanita hamil, yang bertujuan untuk memperkuat dan melenturkan puting dan merangsang kelenjar-kelenjar dalam ASI sehingga nantinya dapat menghasilkan ASI dan lancar. Pijat dapat dimulai setelah usia 7 bulan kehamilan.

Pijat payudara juga bisa dilakukan setelah melahirkan yang bertujuan untuk merangsang dan meningkatkan volume ASI, serta mencegah pembengkakan payudara. Pijat payudara dapat dimulai setelah hari kedua kerja. Baca juga : Keutamaan ASI dan Manfaat Menyusui

4. Manfaat pijat payudara untuk kesehatan
Manfaat kesehatan yang diperoleh dari pijat payudara mampu menghilangkan racun dari sistem limfatik tubuh, karena racun menghambat sirkulasi yang sehat pada payudara. Pijat ini juga merangsang sistem limfatik drainase yang menghasilkan bahaya produk limbah dan memungkinkan lebih banyak nutrisi ke jaringan payudara.

5. Bentuk pencegahan dan deteksi dini
Pijat payudara diketahui dapat membantu deteksi dini jika ada benjolan atau kelainan pada payudara. Deteksi dini akan menjadi kunci untuk menyelamatkan nyawa. Untuk itu pijatlah payudara secara teratur dan penyelidikan ditambah jika berusia di atas 40 tahun sebagai bentuk pencegahan.


Manfaat Pijat Payudara
Teknik Pemijatan Payudara untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut di atas, anda dapat latihan teknik pemijatan payudara secara rutin dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini;

Dengan menggunakan kedua telapak tangan, lakukan gerakan dengan tekanan sedang dari bawah ke atas, di antara kedua payudara Anda. Lakukan gerakan 4-5 kali.

Tekan dengan lembut bagian puting payudara kanan Anda dengan jari, kemudian pijatlah dengan 2 jari tangan kiri Anda ke arah luar. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.   
Letakkan kedua telapak tangan Anda di atas payudara kanan, kemudian lakukan gerakan memutar sambil di arahkan ke atas. Lakukan seperti tadi untuk payudara kiri.   
Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian bawah payudara, buat gerakan ke arah dalam.   
Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian atas payudara, buat gerakan ke arah dalam (seperti merangkum ke arah tengah).   
Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara (bagian bawah garis payudara), dengan ibu jari menekan bagian atas payudara, gerakkan hanya ibu jari saja ke arah dalam (empat jari lain menyangga bawah payudara).


Sementara itu, untuk mencecah kanker payudara, anda betul- perlu memperhatikan bahwa racun dipercaya oleh banyak orang sebagai awal tumbuhnya jaringan kanker. Sangat penting bahwa racun ini harus terus-menerus dibuang melalui urat-urat tubuh dan pembuluh limfatik. Ketika racun ini tidak dapat keluar dari tubuh dengan benar, kemungkinan besar resiko kanker akan meningkat.

Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa pijat payudara bermanfaat untuk membuang racun yang akhirnya dapat menyebabkan kanker payudara. Pada bagian ini akan dibagikan 4 langkah pemijatan payudara untuk menghindari kanker payudara yang banyak mengancam wanita.

Sebuah studi baru-baru ini dari 4.700 wanita ditemukan bahwa wanita yang memakai bra memiliki kesempatan untuk memperoleh peningkatan kanker payudara. Hal ini sangat mungkin dikarenakan tekanan yang konstan dan terus menerus saat memakai bra akan membatasi aliran racun yang perlu dikeluarkan, sehingga meningkatkan resiko kanker payudara. Setiap permukaan bramemberikan tekanan pada pembuluh limfatik dan menghentikan aliran racun dari payudara.

Studi menemukan tingkat tertinggi kanker payudara pada orang-orang yang memakai bra 24 jam sehari, dan tingkat terendah pada mereka yang tidak pernah memakai bra. Studi tersebut menunjukkan bahwa perempuan harus memakai bra mereka kurang dari 12 jam sehari.
sumber : Singer, Sydney Ross. Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer dan Bras, Garden City Park, NY: Avery Pub. Group, 1995.

Empat langkah teknik pemijatan sederhana yang bisa dilakukan, oleh diri sendiri, cukup di rumah anda tanpa perlu bantuan dokter. Namun anda harus rutin melakukan pijatan tersebut agar bermanfaat bagi kesetahan anda.

Prosedur ini harus dilakukan setidaknya dua kali seminggu. Untuk kenyamanan saat anda memijat payudara dapat anda gunakan cream payudara atau body lotion juga baby oil. Jangan menggunakan cream, lotion atau minyak berbahan dasar minyak aroma terapi.

Langkah #1 :
Gunakan jari Anda dengan tekanan lembut dan halus bergerak menjauh dari puting merata ke seluh bagian payudara. Tekanan jari akan meratakan pembuluh limfatik dan menghentikan aliran racun dan cairan. Juga, dapat memperlambat resiko stroke

Langkah #2 :
Dengan lembut pijat payudara dengan meremas menggunakan gerakan mengangkat dan menekan.

Langkah #3 :
Pelan-pelan dan hati-hati menggunakan tangan untuk memelintir payudara searah putaran jam juga berlawanan arah, gerakan dilakukan hati-hati dan lembut

Langkah #4 :
Gunakan kedua tangan seperti yang ditunjukkan untuk menerapkan beberapa gerakan dengan intensitas sedang , tekanan untuk mendorong keluar cairan lebih banyak.

Tujuan dari teknik pijatan ini adalah untukmengeluarkan cairan dari payudara, (baik vena dan interselular), membawa nutrisi ke jaringan dan secara khusus mengeluarkan racun melalui sistem limfatik. Selain itu, teknik ini akan meningkatkan kesehatan dan dukungan elastisitas ligamen, yang pada gilirannya akan menyediakan Anda dengan lebih baik dukungan payudara.

Lebih spesifik, langkah pertama adalah gerakan menguras lembut dirancang untuk menguras sistem limfatik payudara dan mungkin yang paling penting dari empat langkah. Langkah nomor Dua dan Empat adalah untuk membantu dalam pergerakan vena cairan. Merasa bebas untuk bereksperimen dengan kedua gerakan dan menemukan apa yang nyaman bagi Anda. Langkah Tiga adalah hanya untuk membantu menjaga dukungan Anda ligamen dalam kesehatan yang baik dan membantu dalam melawan gravitasi.

Agar lebih sempurna, terapkan gaya hidup sehat dalam kehidupan anda, sehingga selain rutin melakukan pemijatan payudara, anda perlu melakukan olah raga teratur dan mengkonsumsi makanan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan payudara.