Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Home » » 4 Kualitas yang wajib dimiliki pengusaha sejati

4 Kualitas yang wajib dimiliki pengusaha sejati


Seorang pengusaha memiliki ciri yang berbeda-beda. Mereka bisa saja seorang pemikir, orang yang visioner, yang gila kerja, nyentrik, atau bahkan ambisius. Namun semua pengusaha sejati pasti memiliki beberapa kualitas yang sama. Apa saja kualitas tersebut? Ini dia, seperti dijabarkan oleh Inc.com.


1. Menyukai petualangan

Memulai sebuah usaha tentu bukan pekerjaan yang pasti membuahkan keberhasilan besar. Anda seperti melakukan empat bulan perjalanan dengan persediaan makanan selama satu bulan. Anda tak akan tahu bagaimana usaha Anda berjalan dalam satu tahun pertama, atau bahkan berapa orang yang akan Anda butuhkan untuk mengembangkan usaha. Setiap pengusaha sejati tak boleh takut akan ketidakpastian. Mereka menikmati ketidakpastian dan menjadikannya harapan untuk kemungkinan yang besar.

2. Sabar

Berhasil dengan cara berwiraswasta bukanlah pekerjaan instan. Kesuksesan Anda tak akan terjadi semalam. Setiap pengusaha sejati harus memiliki cukup rasa sabar untuk terus mengembangkan usahanya. Sebuah perusahaan besar tentu dibangun selama bertahun-tahun. Seperti Amazon yang membutuhkan waktu sembilan tahun untuk menghasilkan keuntungan, Starbucks yang baru bisa sukses setelah lebih dari delapan tahun, atau perusahaan lainnya. Pendirinya mengalami pasang surut, kejatuhan, dan bangkit lagi. Jika Anda tak cukup sabar, bisa dipastikan perusahaan yang dibangun akan hancur tanpa kesempatan sukses.

3. Tak boleh perfeksionis

Bisnis yang dimulai dengan berwiraswasta bukanlah tempat untuk menghabiskan waktu Anda membenahi satu masalah. Banyak hal yang harus dibenahi dan diselesaikan. Seorang pengusaha sejati tak boleh bersikap terlalu kaku dan perfeksionis karena dia harus bisa menemukan cara untuk mampu mencoba mengatasi semua masalah hanya dengan sedikit pengetahuan. Jadi, Anda tak boleh terlalu perfeksionis dengan ingin menyelesaikan satu masalah dengan sempurna, baru mencoba menyelesaikan masalah lainnya.

4. Memiliki kemampuan 'menjual'

Sebagai orang yang membangun usaha sendiri, Anda harus menguasai kemampuan menjual. Dengan kata lain, Anda harus bisa menjadi sales terbaik bagi perusahaan Anda. Jika Anda ingin bekerja sama dengan orang lain, mengajak mereka untuk bergabung, atau membagi visi dan misi perusahaan dengan mereka, Anda harus bisa meyakinkan para rekanan untuk mengikuti dan bekerja bersama Anda. Untuk itu, Anda harus mampu melihat sisi menguntungkan bisnis Anda dan menjualnya dengan baik.

Itulah beberapa kualitas yang wajib dimiliki oleh pengusaha sejati. Apakah Anda sudah memiliki keempat kualitas di atas?

jangan lupa "like" disini yah